Gempa 6.0 Skala Richter Bumi mengguncang Pulau Seribu Masjid, Minggu, 29 Juli 2018. Tepat seminggu kemudian, Minggu, 5 Agustus 2018, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali dilanda gempa dengan kekuatan yang lebih besar yaitu 7.0 Skala Ritcher. Pusat gempa darat ini ada di 18 km barat laut Lombok Timur, NTB, atau 22 km timur laut Lombok Utara, NTB. Gempa terjadi pada kedalaman 22 km dari permukaan laut. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya merilis bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami. Namun peringatan dini tsunami ini telah dicabut pada malamnya harinya.

Hingga Rabu, 8 Agustus 2018, pagi, gempa susulan terjadi berturut-turut sebanyak 318 kali. Bumi yang berguncang di Lombok menyebabkan dambak yang luas. Ratusan rumah dan bangunan luluh lantah, jalanan retak terbelah, kerusakannya begitu parah. Berdasarkan Data BMKG, puluhan korban jiwa berjatuhan, jumlah korban meninggal mencapai 91 orang, sementara jumlah korban luka-luka mencapai 209 orang, dan diperkirakan jumlah itu terus bertambah. Jaringan listrik dan air masih padam di beberapa daerah, begitu pula dengan jaringan komunikasi. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman, mereka membutuhkan bantuan logistik seperti makanan, minuman, obat-obatan, dan pakaian pantas pakai.

Tim Sedekah Rombongan bergerak untuk Lombok, berupaya membantu dan meringankan beban saudara kita yang terdampak gempa di sana. Pasca gempa, Sedekah Rombongan mengirimkan bantuan berupa tenaga, serta mendistribusikan logistik untuk para korban terdampak gempa. Selain itu, Sedekah Rombongan akan terus mengirimkan para relawannya dan bantuan logistik lainnya, serta membangun posko kemanusiaan di Lombok. Mari bergerak berombongan untuk Lombok…

Kirimkan cintamu untuk saudara di Lombok melalui #SedekahRombongan :

SYARIAH MANDIRI 4111-4111-45
MUAMALAT 532-000-6666
BCA 84655-23456
MANDIRI 137-00-111-00-118
Semua a.n Sedekah Rombongan

Kode 555 di belakang nominal transfer khusus untuk gempa Lombok contoh 1.000.555.

Follow dan pantau terus #SedekahRombongan, melalui:
IG : @srupdate
Twitter & LINE: @SRbergerak
Google+ & FB : Sedekah Rombongan
Website : www.sedekahrombongan.com

Nisya Rifiani